Cyberpreneurship

June 25, 2019 0 Comments

Diajukan Mata kuliah Cyberpreunership
 
C:\Users\ILHAM\Documents\logo.png
NAMA : 14 Nabiel Fadhila (AC)
FAKULTAS  TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
2019


Kata Pengantar
Dengan mengucapkan Puji Syukur atas Kehadirat Allah Yang Maha Kuasa karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah tujuan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Makalah yang berjudul disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Cyberpreneurship yang diampu oleh Bapak Subandi M.KOM
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih jauh dari kategori sempurna, oleh karena itu penulis dengan hati dan tangan terbuka mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan tugas yang akan datang.
Selanjutnya dalam kesempatan ini penulis tidak lupa untuk menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam–dalamnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moral dan spiritual, langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan tugas ini. Semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Jakarta, Mei 2019
       


 

Daftar isi

HALAMAN JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN……………………………………….. i
KATA PENGANTAR……………………………………………….. ii

BAB I PENDAHULUAN

1.2 Rumusan Masalah
    1.3 Manfaat

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Cyberpreunership
2.2  Pengertian Toko Online………………………………………………………………………. 7  
2.3 Tokopedia ………………………………………………………………………………8  
2.4 Facebook ………………………………………………………………………………..9  
2.5 Instagram………………………………………………………………………………. 10  
2.6 WHATSSAPP……………………………………………………………………………11  
2.7 TWITTER …………………………………………………………………………………12  
Bab III Implementasi  
3.1 Tutorial market place ……………………………………………………………….13  
3.2 Tutorial channel youtube ……………………………………………………………14   
3.3 tutorial Blogspot………………………………………………………………………15  
3.4 Tutorial facebook……………………………………………………………………….16  
3.5 tutorial ig …………………………………………………………………………………..17  
3.6 tutorial wa  …………………………………………………………………………………….18  
3.7 tutorial twitter…………………………………………………………………………………19  
Bab IV Kesimpulan ……………………………………………………………….20   

Bab I  
Pendahuluan  

A. Latar Belakang

Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya.

Di dunia maya, setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan

individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna

sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital.

Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.


Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan

layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi

masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk

menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal

dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia dimuka

bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di

dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut
∙         Untuk mengetahui apa itu cyberpreunership
∙         Untuk mengetahu contoh program Cyberpreunership, Toko Online, Market Place
∙         Untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam    membangun kemajuan bangsa,


1.3 MANFAAT
Ada banyak manfaat dalam pembuatan makalah ini. Jika tidak ada manfaatnya tidak akan dibuat makalah ini. Beberapa manfaat diantara lain:
1.    Diharapkan dapat menjadikan cyberpreunership sebagai media dalam bisnis seperti took online, marketplace dll.
2.    Menimbulkan hal/jalan pemikiran baru dalam menghasilkan uang.
3.    Memberi efek yg positif di dunia serba modern ini karena sudah banyak manusia yg memanfaatkan zaman komputerisasi untuk penghasilan mereka.
Bab II  
Landasan Teori  

2.1 PENGERTIAN CYBERPREUNERSHIP
A.    Definisi Cyberpreunership
  Cyberpreneurship adalah suatu langkah atau cara untuk mempromosikan suatu barang / jasa melalui tekhnologi internet. dalam hal ini usaha dan bisnis yang dipromosikan menggunakan brosur eletronik yang dikenal dengan homepage pada internet. atau cyberpreneurship adalah Jiwa kewirausahaan yang memanfaatkan media internet.
B.    Manfaat Cyberpreunership
-Biaya operasional rendah
-Manfaat dapat menimbulkan wiraswasta seseorang
-Konsumen secara mudah dapat melakukan pencarian dan perbandingan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga kompetitif
-Pasar yang tidak terbatas
-Sistem promosi yang mudah dan murah 
-Memiliki kemudahan dalam pembayaran
-Transaksi 24 jam
-Pemanfaatan internet dalam e-Bussines secara nyata dapat  menekan biaya transaksi bisnis dan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan diverivikasi kebutuhan.

  2.2 PENGERTIAN TOKO ONLINE
Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya).  Sedangkan Online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring, menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet. Aktifitas ini biasa juga disebut Belanja Online.
Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut kepada kasir untuk dihitung total belanja kita. Sama seperti transaksi di toko biasa, di toko online proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Bila di toko biasa kita dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani oleh mesin.
Kedua, Toko online tidak harus ditungguin, bahkan anda tinggal menerima order jika ada pelanggan yang berminat dengan product anda. Dan ketiga sarana paling efektif untuk promosi di jaman kemajuan tekhnologi. Karena saat ini internet dapat diakses dimanapun. Bahkan lewat HP.
Kelebihan bisnis online :
1. Tidak terikat waktu dan tempat
2. Pangsa pasar yang luas
3. Media promosi yang efektif
4. Modal dan biaya operasional yang relative
2.3 Tokopedia
Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital
2.4 Facebook
Facebook  bukan hanya sekedar situs yang menyediakan informasi berupa buku muka penggunanya saja. Lebih dari itu, Facebook merupakan sebuah situs yang menghadirkan layanan jejaring sosial dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi dengan para pengguna lainnya yang berasal dari seluruh penjuru dunia.
Dalam situs jejaring sosial ini, penggunanya dapat mengunggah berbagai informasi mengenai dirinya, sehingga para pengguna facebook lainnya dapat mengetahui informasi tersebut untuk lebih mengenal pemilik akun tersebut. Tidak hanya itu, para pengguna akun facebook juga dapat saling mengomentari berbagai hal seperti tulisan status ataupun informasi lainnya yang mereka bagikan dalam situs jejaring sosial
2.5 Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagramsendiri.
2.6 WhatsApp
Whatts app merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.
2.7 Twitter
Twitter merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.
          

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.
Selanjutnya, jika Anda ingin belajar digital marketing. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!

Kategori Digital Marketing

Pada dasarnya ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.
SEO terbagi menjadi dua yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Untuk mengetahui teknik On Page SEO, silakan baca panduan lengkap dari kami berikut:
Sedangkan, untuk mengetahui bagaimana cara optimasi website lewat Off Page SEO, silakan baca artikel dari kami berikut:
Pengembangan website memang sangat krusial mengingat website adalah representasi utama dari bisnis Anda. Anda bisa juga mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics. Tools dari Google yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para digital marketer:

SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
Anda bisa membaca artikel kami berikut untuk mengetahui lebih jelas apa perbedaan dari SEM dan SEO:

Content Marketing

Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.
Apa saja sih contoh penerapan content marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan email ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen. Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing sangat penting.
Ketahui lebih lanjut, apa saja strategi content marketing yang bisa Anda lakukan dengan membaca artikel kami berikut:

SMM

SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Kami sudah membuat panduan lengkapnya bagi Anda.
Ketahui lebih dalam soal SMM ini dengan membaca panduan dari kami:

Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan email sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah panduan lengkapnya bagi Anda.
Silakan baca:

PPC

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).
Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google. Mari ketahui bagaimana cara kerjanya dan apa keuntungannya bagi bisnis Anda dengan membaca artikel kami berikut ini:

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda jadi menyadari bahwa Anda bisa pakai berbagai cara untuk memasarkan brand Anda sebagai bentuk strategi digital marketing. Anda juga tentunya perlu mengetahui tren-tren terkini pemasaran digital. Mengapa? Karena ilmu pemasaran sebenarnya berkembang dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan perilaku pasar.



Bab III
         Implementasi  
3.1 Tutorial Tokopedia  
  1. Untuk memulai membuat toko Anda, klik ikonUser-added imagepada pojok kiri atas.
  2. Pada halaman informasi toko, isilah nama toko dan domain toko yang Anda inginkan.
Informasi ini akan bersifat permanen dan tidak dapat Anda ubah di kemudian hari.
  1. Kemudian klik Buka Toko.
  2. Pilih Lengkapi Informasi Toko.
  3. Pada halaman ini, lengkapi informasi toko Anda berupa slogan toko, deskripsi toko dan logo toko.
  4. Informasi toko dapat Anda lengkapi paling telat tujuh hari setelah Anda mengisi nama dan domain toko. Apabila telah melewati tujuh hari tanpa melengkapi slogan, deskripsi,


dan logo toko, maka pembuatan akun toko Anda akan dibatalkan secara otomatis.                                        User-added image
  1. Lengkapi informasi pengiriman dengan klik Pilih dari Daftar Alamat.           User-added image

3.2 Tutorial channel youtube
  • Langkah pertama dalam membuat akun atau channeladalah dengan mengunjungi halaman Youtube terlebih dahulu.
  • Jika kamu sudah mengunjungi halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian, masukkan email ke halaman Youtube tersebut.
Pastikan email tersebut benar-benar aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga tidak membingungkan aktivitas lainnya.
Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk  
  • Jika kamu sudah mengunjungi halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian, masukkan email ke halaman Youtube tersebut.
Pastikan email tersebut benar-benar aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga tidak membingungkan aktivitas lainnya.
  • Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun
dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk membuat channelbaru.
  • Setelah muncul pilihan ‘Create Channel’, kamu wajib mengisikan nama untuk channel tersebut. Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan isi konten yang ada dan pilihlah nama yang mudah diingat dan tetap unik.
  • Bila kamu ingin menggunakan channel Youtube untuk bisnis, maka bisa klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’ yang berwarna biru. Kamu juga perlu memasukkan nama brand yang diinginkan saat masuk laman ‘Brand Account’ dan klik tombol ‘Create’.
  • Channel kamu pun sudah dibuat, dan selanjutnya kamu bisa mengisinya dengan cara mengunggah video yang sudah disiapkan.

Tips membuat channelkamu makin dikenal

Setelah kamu berhasil mencoba cara membuat channel Youtube tersebut, penting juga untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar channelmu makin dikenal banyak orang. Apa saja? Yuk simak!
Buat judul menarik
Judul adalah hal terpenting untuk menjelaskan mengenai video di channel Youtube kamu. Selain judul juga terdapat deskripsi yang perlu
kamu tuliskan. Rekomendasi dari Google menyarankan sebaiknya karakter
di channel Youtube tidak lebih dari 1000 karakter. Dalam membuat deskripsi maupun judul sebaiknya gunakan kata-kata interaktif dan tidak membingungkan.
  • Gunakan Kata ‘Video’
Erick Freeman, seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan dalam membuat judul di channel Youtube sebaiknya sematkan kata ‘video’.
Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi memberikan dampak yang sangat besar. Sebagian besar orang mencari konten di Youtube memasukkan kata
‘video’ dalam judul. Contohnya saja adalah ‘video tutorial kecantikan terkini’
  • Pakai keywords
Biasanya keywords banyak digunakan dalam menulis artikel agar mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google. Ternyata, menggunakan keywords juga penting untuk diterapkan dalam membuat judul
video channel Youtube kamu. Untuk mengetahui keywords yang paling sering digunakan, kamu bisa menggunakan tools seperti Google AdWords atau Wordtracker.
Semoga panduan dan cara membuat channel Youtube di atas dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan keperluan promosi
lainnya. Ingat, untuk menunjang bisnis onlinetidak sekadar promosi
melalui channel Youtube. Kamu juga perlu memiliki website agar bisnis lebih kredibel. Sebaiknya gunakan pula jasa hosting terpercaya demi kemudahan dan keamanan situs bisnismu.
 
C:\Users\ILHAM\Documents\cara-membuat-channel-youtube-41bb.png
9  
3.3 Tutorial membuat blogger
Membuat blog
  1. Di sebelah kiri, klik Panah bawah https://storage.googleapis.com/support-kms-prod/76B4941B08D1516AC7336D5A3C2E7914920D.
  2. Klik Blog baru.
  3. Masukkan nama blog.
  4. Pilih alamat blog, atau URL.
  5. Pilih template.
  6. Klik Buat blog.  
C:\Users\ILHAM\Documents\blog.jpg
10  



 


  
3.4 Tutorial membuat facebook
  1. Masukkan nama yang Anda gunakan sehari-hari.
  2. Masukkan tanggal lahir Anda.
  3. Masukkan nomor ponsel Anda. Untuk menggunakan email, ketuk Daftarkan dengan Email.
  4. Ketuk Perempuan atau Laki-Laki untuk memilih jenis kelamin Anda.
  5. Pilih kata sandi dan ketuk Daftar.
Untuk menyelesaikan pembuatan akun, Anda harus mengonfirmasi email atau nomor ponsel Anda.
C:\Users\ILHAM\Documents\fb.png
11

3.5 Tutorial membuat instagram

  1. Unduh aplikasi Instagram dari App Store(iPhone) atau Google Play Store (Android).
  2. Setelah aplikasi terinstal, ketuk https://static.xx.fbcdn.net/assets/?revision=308458856743413&name=instagram-newlogo-shared&density=1 untuk membukanya.
  3. Ketuk Daftar dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun
Baru(iPhone), lalu masukkan alamat email atau nomor telepon Anda (yang akan memerlukan kode konfirmasi) dan ketuk Berikutnya. Anda juga dapat
mengetuk Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook Anda.
  1. Jika Anda mendaftar dengan email atau nomor telepon, buatlah nama pengguna dan kata sandi, lengkapi info profil Anda lalu ketuk Selesai. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda bila Anda telah keluar.
Untuk membuat akun Instagram dari komputer:
  1. Masukkan alamat email Anda, buat nama pengguna dan kata sandi, atau klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook.
  2. Jika Anda mendaftar dengan email, klik Daftar. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda bila Anda telah keluar.
Jika Anda mendaftar dengan email, pastikan Anda memasukkan alamat email yang benar dan hanya Anda sendiri yang dapat mengakses alamat email tersebut. Jika Anda keluar dan lupa kata sandi, Anda harus dapat mengakses email Anda untuk kembali ke akun Instagram Anda.
C:\Users\ILHAM\Documents\ig.jpg
12
3.6 Tutorial membuat whatss app
1. uka WhatsApp Messenger. Aplikasi ini memiliki ikon kotak hijau dengan balon obrolan warna
2. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/9a/Make-a-WhatsApp-Account-Step-2.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-2.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/9a/Make-a-WhatsApp-Account-Step-2.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-2.jpg
13
Ketuk Agree & Continue. Dengan demikian, Anda menyetujui Terms of Service (ketentuan layanan) WhatsApp.
  • Ketuk Terms of Service and Privacy Policy untuk membaca isinya.
3. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/e/e7/Make-a-WhatsApp-Account-Step-3.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-3.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/e/e7/Make-a-WhatsApp-Account-Step-3.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-3.jpg

14
Masukkan nomor ponsel Anda.WhatsApp akan menggunakan nomor ini untuk memverifikasi telepon Anda.

4. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/2/25/Make-a-WhatsApp-Account-Step-4.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-4.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/2/25/Make-a-WhatsApp-Account-Step-4.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-4.jpg

15
Ketuk Done. Tombol ini berada di kanan atas layar.

5. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/0/0f/Make-a-WhatsApp-Account-Step-5.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-5.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/0/0f/Make-a-WhatsApp-Account-Step-5.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-5.jpg

16
Ketuk Yes. Dengan demikian, Anda mengonfirmasi nomor ponsel yang telah dimasukkan.
6. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/5/59/Make-a-WhatsApp-Account-Step-6.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-6.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/5/59/Make-a-WhatsApp-Account-Step-6.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-6.jpg

17
Tunggu datangnya pesan teks otomatis dari WhatsApp. Anda akan menerima pesan berisi kode verifikasi 6 digit.
  • Jika Anda tidak menerima teks, ketuk tombol Call Me. Opsi ini akan mengaktifkan panggilan telepon otomatis dari WhatsApp ke nomor Anda. Kode verifikasi 6 digit Anda akan disebutkan
dalam panggilan ini.

7. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/9a/Make-a-WhatsApp-Account-Step-7.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-7.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/9a/Make-a-WhatsApp-Account-Step-7.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-7.jpg

7
Catat kode 6 digit Anda. Kode ini akan digunakan untuk verifikasi telepon WhatsApp.

8. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/7/71/Make-a-WhatsApp-Account-Step-8.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-8.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/7/71/Make-a-WhatsApp-Account-Step-8.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-8.jpg

18
Masukkan kode verifikasi ke WhatsApp. Aplikasi akan memverifikasi telepon Anda saat memasukkan kode 6 digit.
Advertisement


Bagian 2 dari 2:  
Mengatur Profil

1. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/f/f8/Make-a-WhatsApp-Account-Step-9.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-9.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/f/f8/Make-a-WhatsApp-Account-Step-9.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-9.jpg

19
Ketuk tombol add photo. Lingkaran di sudut kiri layar adalah gambar profil Anda. Ketuk tombol ini untuk mengambil foto atau menggunakan gambar yang disimpan di ponsel.

2. https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/99/Make-a-WhatsApp-Account-Step-10.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-10.jpg https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/i/s/www.wikihow.com/images_en/thumb/9/99/Make-a-WhatsApp-Account-Step-10.jpg/v4-460px-Make-a-WhatsApp-Account-Step-10.jpg

2
Ketuk kotak Your name. Ini akan menjadi nama pengguna Anda. Teman Anda akan melihatnya saat menerima pesan dari Anda.
                                                              20
3.7 Tutorial membuat twitter

Cara menggunakan Daftar Twitter

Daftar adalah kumpulan akun-akun Twitter yang telah terpilih. Anda dapat membuat
Daftar Anda sendiri atau berlangganan Daftar yang dibuat oleh orang lain. Dengan melihat timeline Daftar, Anda akan melihat aliran Tweet yang hanya berasal dari akun dalam Daftar tersebut. Lihat petunjuk untuk:
       
       
       
Cara membuat Daftar
  1. Di menu atas, sentuh ikon profil Anda.
  2. Sentuh Daftar.
  3. Sentuh ikon Daftar baru
  4. Pilih nama untuk Daftar Anda dan deskripsi singkat mengenai Daftar. Nama daftar tidak boleh melebihi 25 karakter, dan tidak boleh pula dimulai dengan angka. Pengaturan bawaan untuk Daftar Anda adalah publik (siapa saja dapat berlangganan Daftar
tersebut). Untuk membuat Daftar hanya dapat diakses oleh Anda, geser slider di samping Pribadi ke aktif.
  1. Sentuh Simpan.
Cara membuat Daftar
1. Di menu atas, Anda akan melihat ikon menu navigasi  atau ikon profilAnda. Sentuh ikon mana pun yang ada, lalu pilih Daftar. 2. Sentuh ikon Daftar baru
  1. Pilih nama untuk Daftar Anda dan deskripsi singkat mengenai Daftar. Nama daftar tidak boleh melebihi 25 karakter, dan tidak boleh pula dimulai dengan angka. Pengaturan bawaan untuk Daftar Anda adalah publik (siapa saja dapat berlangganan Daftar tersebut). Untuk membuat Daftar hanya dapat diakses oleh Anda, sentuh kotak centang di samping Tetap pribadi.
  2. Sentuh Simpan.
Cara membuat Daftar
  1. Klik ikon profil untuk menampilkan menu menurun.
  2. Klik Daftar.
  3. Klik Buat Daftar baru.
  4. Pilih nama untuk Daftar Anda dan deskripsi singkat mengenai Daftar. Nama daftar tidak boleh melebihi 25 karakter, dan tidak boleh pula dimulai dengan angka. Kemudian pilih apakah ingin Daftar Anda bersifat pribadi (hanya dapat diakses oleh Anda) atau publik (siapa saja dapat berlangganan Daftar tersebut).
  5. Klik Simpan Daftar. Lihat petunjuk untuk:
       
       
       
Cara menambah atau menghapus orang dari Daftar Anda
  1. Sentuh ikon luapan   di profil akun.
  2. Pilih Tambah/hapus dari Daftar. (Anda tidak perlu mengikuti akun untuk menambahkan akun tersebut ke Daftar Anda.)
  3. Sebuah pesan muncul menampilkan Daftar yang Anda buat. Sentuh kotak centang di sebelah Daftar yang ingin Anda tambah akunnya, atau batalkan centang Daftar yang ingin Anda hapus akunnya.
  4. Untuk memeriksa guna mengetahui apakah akun yang ingin Anda tambahkan berhasil tercantum dalam Daftar, telusuri tab Daftardari menu atas. Sentuh Daftar yang
diinginkan, lalu sentuh Anggota. Akun tersebut akan muncul dalam daftar anggota.
Cara menambah atau menghapus orang dari Daftar Anda
  1. Sentuh ikon luapan  di profil akun.
  2. Pilih Tambahkan ke Daftar. (Anda tidak perlu mengikuti akun untuk menambahkan akun tersebut ke Daftar Anda.)
  3. Sebuah pesan muncul menampilkan Daftar yang Anda buat. Sentuh kotak centang di sebelah Daftar yang ingin Anda tambah akunnya, atau batalkan centang Daftar yang ingin Anda hapus akunnya.
  4. Untuk memeriksa guna mengetahui apakah akun yang ingin Anda tambahkan berhasil tercantum dalam Daftar, telusuri tab Daftardari menu atas. Sentuh Daftar yang diinginkan, lalu sentuh Anggota. Akun tersebut akan muncul dalam daftar anggota.
Cara menambah atau menghapus orang dari Daftar Anda
  1. Klik ikon luapan  di profil akun.
  2. Pilih Tambahkan atau hapus dari Daftar. (Anda tidak perlu mengikuti akun untuk menambahkan akun tersebut ke Daftar Anda.)
  3. Sebuah pesan muncul menampilkan Daftar yang Anda buat. Klik kotak centang di samping Daftar yang ingin Anda tambah akunnya, atau batalkan centang Daftar yang ingin Anda hapus akunnya.
  4. Untuk memeriksa guna mengetahui apakah akun yang ingin Anda tambahkan berhasil masuk dalam Daftar, telusuri tab Daftarpada halaman profil Anda. Klik Daftar yang
diinginkan, lalu klik Anggota Daftar. Akun tersebut akan muncul dalam daftar anggota.
Catatan: Anda dapat melihat Daftar mana Anda di Twitter untuk iOS dan twitter.com. Pada tab Daftar, klik Anggota dari untuk melihat di Daftar mana Anda berada. Untuk menghapus Anda sendiri dari Daftar, Anda harus memblokir pembuat Daftar tersebut.
Mencari URL Daftar yang akan disebarkan
  1. Buka Daftar yang ingin Anda sebarkan.
  2. Salin URL yang ditampilkan di panel alamat browser. Anda akan melihat seperti berikut: https://twitter.com/username/lists/list_name.
  3. Tempelkan URL pada pesan ke orang yang Anda tuju untuk melihat Daftar tersebut.


Melihat Tweet dari Daftar
  1. Buka halaman profil Anda.
  2. Klik atau sentuh tab Daftar.
  3. Klik atau sentuh Daftar yang ingin Anda lihat.
  4. Anda akan melihat timeline Tweet dari akun yang dicakup dalam Daftar tersebut.

Mengedit atau menghapus Daftar
  1. Buka halaman profil Anda.
  2. Klik atau sentuh tab Daftar.
  3. Anda akan melihat Daftar yang telah Anda buat dan Daftar orang lain yang Anda ikuti dalam Berlangganan ke.
  4. Klik atau sentuh Daftar yang ingin Anda edit atau hapus dari Daftar yang telah Anda buat. Klik atau sentuh Edit untuk memperbarui rincian Daftar atau Hapus untuk menghapus Daftar seluruhnya.
  1. Anda tidak dapat menambahkan atau menghapus orang dari Daftar Anda di halaman ini — Anda harus melakukannya dari halaman profil setiap individu yang ingin ditambahkan atau dihapus.

Berlangganan/mengikuti Daftar orang lain
  1. Klik atau sentuh Daftar ketika melihat profil seseorang.
  2. Pilih Daftar yang ingin Anda berlangganan.
  3. Dari halaman Daftar, klik atau sentuh Langganan untuk mengikuti Daftar. Anda dapat mengikuti Daftar tanpa mengikuti tiap-tiap akun di Daftar tersebut.

21









Bab IV
Kesimpulan
Peningkatan teknologi komputer, terutama internet, untuk melakukan usaha/bisnis, mempromosikan bisnis atau bisa juga disebut ber wirausaha.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang
cyberpreneurship Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut
dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang
sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas
digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.


22







Nabiel Fadhila

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: